EVALUASI
SEMESTER 1
1.Sosiologi lahir
dari lontaran kekhawatiran seorang ahli filsafat perancis yang bernama…
a.
Herbert Spencer
b. augus comte
c.
Thomas Hobbes
d.
Max weber
e.
Lester frank Ward
2. sosilogi didasarkan pada hasil observasi, tidak
spekulatif, dan menggunakan akal sehat.hasil ini menunjukan bahwa sosiologi
bersifat..
a. empiris
b. teoritis
c.kumulatif
d.non-etis
e.praktis
3. Sosiologi
menjelaskan fakta-fakta secara analitis. Hal ini menunjukan bahwa sosiologi
bersifat..
a.
empiris
b. teoritis
c.kumulatif
d.non-etis
e.praktis
4. Sosiologi mempelajari tumbuh, bangun, dan
kewajiban masyarakat. Ini merupakan definisi sosiologi menurut…
a. selo soemarjan
b. Ogbrun
c.durkeim
d. Weber
e. Spencer
5.Secara umum
metode yang digunakan sosiologi adalah…
a. kuantitatif dan ststistik
b. kualitatif dan kuantitatif
c. sattistik dan time series
d. kuantitatif dan time series
e. studi kasus dan kualitatif
6. sosiologi
disebut sebagai ilmu pengetahuan karena sosiologi memiliki ciri-ciri…
a. empiris, teoritis, kumulatif, non etis
b. objektif, teoritis, non etis,
emansipatif
c. subjektif, empiris, kumulatif
d. mandiri, subjektif, empiris,
kumulatif
e. non etis, teoritis, objektif,
emancipator
7. Sesuatu yang dianggap berharga, barguna dan
pantas oleh seseorang disebut..
a. norma
b.nilai
c. hobi
d.moral
e. tindakan
8. contoh nilai
yang sudah melebaga dlam kehidupan masyarakat anatara lain..
a. gotong royong
b.sikap individualistic
c. sikap materialistic
d. konsumeteristik
e. nepotisme
9. sanksi yang
diberikan kepada seseorang bertujuan..
a. agar si pelaku lebih terkenal
b.dapat meningkatkan gengsi
seseorang
c.agar terdapat perubahan tingkah laku
d. membuat rasa malu bagi
sipelanggar
e. membuat si pelaku kebal hokum
10. norma yang
daya pengikatnya lemah adalah..
a. folkways
b. mores
c. usage
d. habit
e. custom
11. segala sesuatu
yang berguna bagi unsur manusia disebut..
a. material
b. vital
c. kerohanian
d. kebaikan
e.
kebenaran
12. Petunjuk hidup
yang berasal dari akhlak dan hati nurani tentang apa yang baik dan apa yang
tidak baik dinamakan norma..
a. agama
b. kesusilaan
c kesopanan
d. kebiasaan
e. hokum
13. salah satu
sumber informasi yang mendasari interaksi adalah..
a. sikap diri
b. letak geografis
c. sosailisasi
d.asal-usul
e. penampilan fisik
14. berikut ini
yang merupakan tahapan dalam proses mendekatkan adalah..
a. terminating
b. describiding
c. stragnating
d. intensifiying
e. extensifiying
15. kontravensi
merupakan bentuk proses sosial yang berada anatara..
a. persaingan dan pertentangan
b. akomodasi dan asimilassi
c.kerjasama
dan persaingan
d.
pertentangan dan konflik
e.
persaingan dan akomodasi
16. usaha manusia
untuk meredakan ketegangan dan mencapai kestabilan disebut..
a. akomodasi
b. asosiasi
c. asimilasi
d.mediasi
e.akulturasi
17. simpati bukan
hanya berpenagruh secara psikis saja tetapi dapat berpengaruh juga terhadap..
a. fisik
b. perasaan
c. emosi
d. sikap
e. perilaku
18. ada emapat
macam jarak dalam interaksi sosial. Salah satunya..
a. jarak waktu
b. jarak ruang
c. jarak pribadi
d. jarak tempat
e. jarak media
19.komunikasi
dikatakan efektif jika..
a.tujuan yang diharapkan dari
berkomunikasi dapat tercapai
b. pesan yang disampaikan telah
smapai
c. adanya kegembiraan para komunikan
d. munculnya pesan-pesan secara
berantai
e. komunikan berlomba untuk
mengadakan kontak
20. Kompetisi
terjadi apabila..
a. tidak ada lagi kerjasama dalam
kelompok
b. tujuan kerjasama tidak dirumuskan
secara luas
c. adanya benturan fisik dari kedua
balah pihak
d. adanay tujuan
tertentu yang hendak
dicapai
oleh berbagai pihak
e. tidak tercapai kata sepakat
setelah
konflik terjadi
EVALUASI SEMESTER
2
1.Nilai dan norma
sosial menjadi penentu..
a.martabat seseorang dimasyarakat
b. agen sosialisasi primer dan
sekunder
c. bagaimana pola sosialisasi
berlangsung dalam diri seseorang
d. diterima atau tidaknya seseorang
dalam diri
seseorang
e. keselamaan derajat dengan orang
lain di masyarakat
2. kemampuan berbahas
seorang anak berasal dari..
a. bakat yang ada dalam dirinya
b. pembawaan sejak lahir
c. kemampuan yang diperoleh dengan
sendirinya
d. hasil proses belajar
e.hasil
ciptaan sendiri
3. agen
sosialisasi pada tahap awala pembentukan kepribadian adalah..
a. sekolah
b. keluarga
c. teman belajar
d.
teman bermain
e. media massa
4. iklan yang
ditayangkan melalui media massa televise mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan hidup
dimasyarakat karena iklan berpotensi memicu..
a. perubahan pola hidup dimasyarakat
b. terjadinya benturan kepentingan
c. terjadinya kebrutalan anak-anak
d. timbulnya perilaku yang khas
dimasyarakat
e. perubahan pola pikir yang
cenderung
amoral
5. jika seseorang
ingin diterima menjadi anggota kleompok social, mak ia harus menjalani proses..
a. institusionalisasi
b. nasionalisasi
c. sosialisasi
d. normalisasi
e. internalisasi
6. salah satu
factor pembentukkepribadian seseorang adalah..
a. derajat
b. bahasa
c. agama
d. lingkungan fisik
e. harta
7. fungsi sosialisasi
primer adalah..
a. membentuk manusia yang
professional
b. meletakan dasar kepribadian individu
c.sebagai
median transformasi budaya
d.
membentuk individu siap kerja
e.
memberi perlindungan individu dari
gangguan
8.perilaku
menyimpang adalah tindakan penggaran yang dilakukan individu atau kelompok
terhadap
a. nilai
b. kaidah
c. struktur
d. system
e. perilaku
9. banyak kaum
wanita yang bekerja dikantor hingga lembur sampai malam.Hal ini menunjukan
adanya penyimpangan bersifat..
a. primer
b.sekunder
c. positif
d. negative
e. langsung
10. bagi
masyarakat Indonesia, kumpul kebo merupakan penyimpangan social. Bagi
masyarakat barat itu bukan merupakan perilaku menyimpang ini disedakan oleh ..
a. perilaku menyimpang seperti itu
masih bisa ditolerir oleh masyarakat.
b. nilai dan norma setian Negara
bisa berbeda
c. perilaku menyimpang menunutut
aturan
hukukm yang jelas
d.
kumpul kebo tidak bisa ditolerir oleh
masyarakat
e.
pelaku kumpul kebo bisa diterima
kembalai
oleh masyarakat
11. yang dimaksuid
dengan perilaku menyimpang perimer adalah..
a. tindakan seseorang yang tidak
dapat
dotoleransi
b. tindakan seseorang yang masih bisa
ditoleransi.
c.
tindakan seseorang akan mendapatkan sanksi yang berat
d.
tindakan yang dilakukan secara berulang-ulang
e.
hukuman yang diberikan masyarakat sekitarnya berupa cemooh
12. berikut yang
merupakn bentuk perilaku menyimpang dalam masyarakat Indonesia adalah..
a. anak jalan
b. mengurus pembuatan KTP
c. wanita karier
d. menikah diusia 21 tahun
e. penggelapan uang perusahaan
13. berikut ini
yang merupakn penyimpangan dalam gaya
hidup adalah..
a. mencuri dirumah oaring lain
b. pria memakai anting-anting
c. perilaku minder
d. mengkonsumsi putaw
e. malakukan kawin lari
14. pelaku dari perilaku menyimpang sekunder
mempunayi hubungan denag masyarakat sekitarnya yang ditandai dengan..
a. keengganan masyarakat untuk menerimanya
kembali
b. ketidakmampuan pelaku untuk
bergaul
kenbali
c. adanay upaya negosiasi agar
masyarakat
sekitarnya mau
menerimanya
d. keingainan masyarakata untuk
setia
melindungi
pelaku
e. tidaka ada halangan untuk menjadi
anggota
masyarakat lagi
15. cara untuk
menrtibakan anggota masyarakat yang melanggar atuaran disebut..
a. lembaga social
b. pengendalian social
c. penataan social
d. ketreaturan social
e. ketertiban social
16. sifat
pengendalian social yang represif adalah..
a. usaha yang dilakukan untuk memulihkan situasi
b. usaha untuk mencegah kekacauan
c. usah mengalihkan bakt seseorang
ke hal yang positif
d. menjaga ketertiban dengan peran
serta anggota masyarakat.
e. mempertahankan situasi yang aman
dan tertib
17. pengancaman
termasuk cara pengendalian sosiala yang..
a. persuasive
b. koersuf
c. preventif
d. represif
e. antisipatif
18. seorang guru
yang menasehati muridnya yang bolos
sekolah. Tindakan guru tersebut termasuk [pengendalian social secara.
a. persuasive
b. koersuf
c. preventif
d. represif
e. antisipatif
19. berikut ini
yang merupak jenis pengendalian social adalah..
a. desas-desus
b. hukuman
c. isu hangat
d. pendidikan
e. pujian
20. sosilisasi
dalam pergaulan merupakan tipe social..
a. formal
b. informal
c. material
d. immaterial
e. primer
0 komentar:
Posting Komentar